Sayembara Macapat Pakualam Cup VI 2018 – instagram @kadipatenpakualaman

sumber BERITA EMAS SANTY MAHASISWA ” AKRB ” YOGYAKARTA – Emassanty363@gmail.com
INSTAGRAM -@iamemas – https://cultureinfojogja.blogspot.co.id/
inform about, Culture, and Interesting Things In the City of Jogja. Whatsapp : 089 528 758 468 Instagram : https://www.instagram.com/destakp_ Instagram : https://www.instagram.com/iamemas

Dalam rangka peringatan Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-212 tahun, kembali di selenggarakan Sayembara Macapat untuk memperebutkan Trophy bergilir bertajuk Paku Alam Cup VI. Acara ini bertempat di bangsal sewatama dan gedung danawara, acara tersebut berlangsung selama 3 hari dari tanggal 26 hingga 28 januari 2018.
M.L. Citropanambang selaku ketua koordinator menuturkan bahwa “Macapat adalah seni suara, diadakan Lomba Macapat bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat petuah-petuah atau nasehat yang tersimpan di dalam naskah, dan di dalam naskah itu terdapat nasehat yang dalam khas Pakualam adalah ideologi”
Acara yang diikuti oleh 155 peserta umum dan 77 Peserta pelajar, dibagi menjadi 2 kategori pelajar dan umum, dalam acara tersebut para peserta diwajibkan untuk membawakan tembang sinom, kinanti, serta Asmaradana. Penilaian meliputi dasar suara , teknik cengkok, unggah – ungguh, serta busana peserta.
Salah satu peserta sayembara macapat Oryza Widyasari mengungkapkan bahwa ia berlatih selama 1 minggu, dan mempersiapkan semuanya seperti busana, tata unggah – ungguh , dan ia berharap untuk pelaksana tahun depan semakin bertambah yang mengikuti sayembara macapat ini untuk melestarikan Budaya Jawa, pungkas Mahasiswi ISI tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s