Kosmologi Jawa Mar marti, Kakang Kawah, Adi Ari-Ari, Getih Puser, kadang Ingsun Papat Kalimo Pancer, Ayo Podo…

Pamuji rahayu ❤ ,

Semakin lama belajar ajaran-ajaran leluhur Jawa, kita akan semakin terkagum-kagum pada para nenek moyang. Ilmu yang mereka ajarkan telah memperkaya pemahaman peradaban spiritual manusia.

Dari segi kebijaksanaan, ngelmu batin dan olah rasa para nenek moyang kita dulu bisa diandalkan. Salah satu ajaran Jawa yang membahas tentang adanya Pendamping Spiritual manusia adalah SEDULUR PAPAT LIMO PANCER. Pancer adalah tonggak hidup manusia yaitu dirinya sendiri. Diri kita dikelilingi oleh empat makhluk gaib yang tidak kasat mata (metafisik). Mereka adalah saudara yang setia menemani hidup kita, mulai dilahirkan di dunia hingga kita nanti meninggal dunia menuju alam kelanggengan.

Orang Jawa bersifat pasrah, sumeleh, sumarah, ikhlas dan mengandalkan rasa pangrasa, tidak kebingungan dengan mistik, namun berhasil menyederhanakan ajaran-ajaran jagat semesta dengan terminologi dan kalimat-kalimat sederhana dan mudah dimengerti.

Kita menyebut Penjaga Manusia Halus ini dengan istilah Sedulur Papat atau Four Sibling. Konsep “sedulur papat” ini oleh orang Jawa melalui sebuah Observasi/ Pengamatan/ Niteni.

Inilah Sedulur Papat Manusia :

images (53)

Mulai saat janin tumbuh di perut ibu, janin dilindungi di dalam Garbha/ Rahim oleh ketuban, selanjutnya adalah ari-ari, darah dan pusar.

-Air Ketuban adalah yang pertama kali keluar saat ibu melahirkan, kita menyebutnya menyebutnya ‘Saudara Tua’. Saudara ini melindungi jasad fisik dari bahaya. Maka ia adalah Sang Pelindung Fisik.

-Selanjutnya yang lebih muda adalah Ari-Ari atau plasenta. Pembungkus janin dalam rahim. Ia melingkupi tindakan janin dalam rahim yang kemudian mengantarkan kita ke tujuan. Maka ia adalah Sang Pengantar.

-Saudara kita selanjutnya adalah Darah. ia membantu janin kecil untuk tumbuh berkembang menjadi bayi lengkap, darah bisa disebut nyawa bagi janin. Maka, darah dapat kita katakan Sang Pembantu Setia.

-Saudara gaib kita terakhir adalah Pusar. pusar secara biologis adalah tali yang menghubungkan perut bayi dalam rahim dan ari-ari. Pusar mendistribusikan makanan yang dikonsumsi ibu ke bayi. Pusar dengan demikian Mendistribusikan Wahyu ‘Ibu Manusia’ kepada diri kita.

Keempat saudara gaib inilah sesungguhnya Penjaga Manusia. Yang berada di kanan-kiri, depan-belakang kita. Maka, tidak salah bila kita menyapa dan bersahabat akrab dengan mereka.

1) KAKANG KAWAH : Saudara tua kawah, ia keluar dari gua garba ibu sebelum kita, tempatnya d Timur warnanya Putih.

2) ADI ARI-ARI : Adik ri-ari, ia keluar dari gua garba ibu setelah kita, tempatnya di Barat warnanya Kuning.

3) GETIH : atau Darah yang keluar dari gua garba ibu sewaktu melahirkan, tempatnya di Selatan warnanya Merah.

4) PUSER : Pusar yang dipotong sesudah kelahiran kita, tempatnya di Utara warnanya Hitam.

Darah Putih, artinya Belas-Kasih.
Pusar, yang Membuat kekuatan.
Ari-ari (placenta) yang Menjaga sukma.
Darah Merah, yang Melawan kondisi berbahaya.

images (46)

Pancer itu diibaratkan diri sendiri, posisi pancer berada ditengah, diapit oleh dua saudara tua (kakang mbarep, kakang kawah) dan dua saudara muda (adi ari-ari dan adi wuragil). Ngelmu sedulur papat lima pancer ini lahir dari konsep penyadaran akan awal mula manusia diciptakan dan tujuan akhir hidup manusia (Sangkan Paraning Dumadi).

“Sedulur Papat” ini yang sering disebut “Kakang Pembarep/Kakang Kawah, Adi Ari-ari/Adi Wuragil”. Pemahaman mengenai Empat saudara (kanda) dan satu musuh (kala/ ego) yang menemani pribadi sesorang sepanjang perjalanan hidupnya adalah refleksi dari Metamofosis kekuatan Gusti yang datang pada peristiwa kelahiran manusia.

Untuk lebih mengenal, mendekatkan diri atau supaya lebih intim dengan mereka, semua ’Sedulur’ tadi bisa diruwat, dirawat dan dihormati dengan cara diselamati dengan ‘memetri’ atau ‘bancaan’ 🙂 .

https://sabdadewi.wordpress.com/memetri-weton/

Mereka semua dianggap ‘Pamomong’ atau penjaga manusia. biasanya penyebutan untuk mereka dan sekalian untuk unsur-unsur alam semesta disebut dengan “sedulurku sing lahir bareng sedino, sing ora lahir bareng sedino, sing kerawatan lan sing ora kerawatan”. Artinya : “saudaraku yang lahir bersamaan sehari denganku (air ketuban, ari-ari, darah kelahiran, tali plasenta, dan ruh/jiwa), saudara yang tidak lahir bersamaan (unsur alam semesta ), yang terawat maupun yang tidak terawat”.

Begitu bayi dilahirkan semua itu akan dianggap tidak berfungsi lagi dan tak ada sangkut pautnya dalam kehidupan dan yang demikian ini merupakan pandangan Materialistik padahal begitu besar maknanya dan pengertiannya bila dilihat dari sudut Metafisik. Saudara kita itulah yang menjaga kita dalam kehidupan ini, yang kembali ke anasir Bumi, Air, Udara dan Api hanyalah ke empat jasadnya, namun dari segi spiritualnya masih menyertai kehidupan.

foto-foto-luar-angkasa-terbaru

Pengertian asalnya adalah penyelarasan antara jagad kecil Manusia (Mikrokosmos) dengan jagad besar Alam Semesta (Makrokosmos). Saudara yang empat yang ada di jagad besar itu adalah Empat Penjuru yang ada yaitu Timur, Selatan, Barat dan Utara. Ditambah saudara pancer yaitu Tengah dimana diri manusia itu berada.

Sedangkan empat saudara yang berkaitan dengan jagad kecil (manusia) adalah apa-apa yang mengiringi kelahirannya. Mereka itu adalah kakang kawah (air ketuban), adi ari-ari (plasenta), getih (darah) dan puser (tali plasenta). Sedangkan yang kelima pancernya adalah diri manusianya itu sendiri.

Keempatnya dianggap sebagai Sedulur Karib hidup manusia. Bila kita paham bahwa perjalanan hidup untuk bertemu dengan Tuhan hakikatnya adalah perjalanan menuju “ke dalam” bukan “ke luar” menuju “diri sejati” dan menemukan Sang Aku Sejati atau Sejatine Ingsun.

Untuk menemukan Sang Aku Sejati (limo pancer) itulah kita ditemani oleh ‘Empat Saudara Gaib’ (sedulur papat) yang bisa kita anggap seperti Bodyguard Pribadi kita sendiri 😉 .

Dimanakah mereka sekarang?…

Mereka sekarang sedang mengawasi kita. Dengan membatin menyebut mereka, kita bisa menjadikan mereka sedulur paling akrab bila paham bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka.

Bagaimana tidak setia, bila kemanapun kita berada disitu keempatnya berada. Bila kita berjalan, mereka terbang. Bila jasad kita tidur, mereka akan tetap melek ngobrol dengan ruh kita. Maka, saat bangun tidur di siang hari pikiran kita akan merasa fresh sebab ruh kita akan kembali menjejerkan diri kita dengan keberadaannya.

Tata caranya?… Silahkan memejamkan mata atau dengan mata terbuka dan cukup di batin saja, matikan seluruh aktivitas listrik di otak kiri dan kanan dan hidupkan sang ‘Sejatine Ingsun’ yang ada di dalam diri kita. Ya, hanya diri sendirilah yang mampu untuk berkomunikasi dengan para sedulur gaib nan setia ini.

Berikut beberapa contoh mantra yang biasa di aplikasikan :

download (11)

❤ Mantra 1

Marmarti Kakang Kawah Adi Ari-Ari Getih puser,
kadangingsun papat kalimo pancer
kadangingsun kang katon lan kang ora katon
kadaningsun kang kerawatan lan kang ora kerawatan
sarta kadangingsun kang metu saka ing margaino
lan kang ora metu saka ing margaino
miwah kadangingsun kang metu bebarengan sadina kabeh
bapanta ana ing ngarep, ibunta ana ing mburi
Ayo podo….

Terjemahan :
Marmarti (saudara lelaki dan perempuan yang gaib), selaput kakakku, adikku tali ari-ari, saudaraku di pusar, empat saudara dan satu saudaraku di tengah, saudaraku yang gaib dan saudaraku yang tak terawat, saudaraku yang dilahirkan dari kemaluan ibu dan saudara-saudaraku yang tidak dilahirkan dari kemaluan ibu, saudara-saudaraku yang dilahirkan bersamaan pada hari yang sama, bapak asuhku yang ada di depan, ibu asuhku yang ada di belakang, marilah kita…

Mantra ini menyebut kata ‘marmarti’ (saudara gaib) sebagai kata pembuka ketika mulai membacakan mantra. Setelah penyebutan kata marmarti, kemudian disebut semua perlambang gaib (dunia halus): kakang kawah, adi ari-ari, saudara yang terlihat yang tak terlihat (Sedulur Katon lan Ora Katon), saudara yang lahir dari kemaluan ibu, bapa dan ibu. Semua yang disebut ini dipercaya dapat membantu seseorang untuk berkonsentrasi sebelum ia melafalkan permintaannya kepada Tuhan. Dikatakan bahwa mantra ini baru bisa memiliki pengaruh spiritual ketika dibaca kapan saja ketika seorang mau makan, mandi, hendak tidur, berangkat kerja dan lain-lain.

images (44)

❤ Mantra 2

Mar-marti, Kakang Kawah, Adi Ari-­Ari
getih, otot, puserku
sing metu soko margo ino lan sing ora metu soko margo ino
sing metu bareng sedino
Nini among, Kaki among sing ngemongi jiwo raganingsun
mban-mbanono aku rinten klawan ndalu
tak opahi kembang wangi.

Terjemahan :
Marmarti (saudara laki-laki dan perempuan gaib) kakang kawah, adi ari­ari, darah, otot, pusarku,
mereka yang dilahirkan dari kemaluan ibu dan mereka yang dilahirkan bukan dari kemaluan ibu,
mereka yang dilahirkan bersamaan pada hari yang sama,
Ibu Asuh, bapak asuh yang merawat jiwa ragaku,
lindungi aku sepanjang siang dan malam,
kuserahkan padamu kembang wangi…

Ini sama dengan mantra 1. Simbol-­simbol dan kata-kata yang digunakan untuk menyebut nama-nama itu masih sama, tapi cara untuk memanfaatkan mantra ini yang berbeda. Ia juga dibaca kapan saja sebagaimana halnya mantra 1, konon mantra ini akan semakin ampuh/ mandhi, jika menjalankan suatu praktik asketik (puasa), yakni dengan melakukan puasa mutih selama 7 hari.

download (10)

❤ Mantra 3
Ibu bumi, Bapo Kuwasa Ibu wengi, Bapa rina
Kakangku mbarep adiku wuragil
Dinten pitu pekenan gangsal
kulo nyuwun ngapura kula nyuwun….

Terjemahan :
Ibuku, bumi, ayahku, langit, Ibuku, malam, ayahku siang,
Saudara tertuaku, saudara termudaku tujuh hari dan lima hari
(Ya Tuhan) ampuni aku,
ku mohon agar Kau beri aku…

Adalah mantra ini yang digunakan untuk meminta rezeki. Nama yang disebut pertama kali adalah Ibu dan Bapa. Ibu dan Bapa (orang tua) adalah yang bertanggung jawab dalam menyediakan sandang dan pangan bagi anak-anaknya. Lantas mantra itu menyebut sinonim bapak dan ibu dengan istilah Ibu Wengi (Ibu Malam) dan Bapa Rina (Bapa Siang). Dua kekuatan spiritual lainnya yang disebut adalah Kakang Mbarep (saudara sulung) dan Adi Wuragil (adik bungsu). Setelah itu, pada salah satu hari dari hari-hari yang tujuh (masehi) dan lima hari Jawa, mulailah orang itu berdoa. Setelah kemudian dia ungkapkan hajat kebutuhannya. Mantra ini dipercaya dapat memberi kekuatan spiritual jika dibaca setiap tengah malam di halaman rumah. biasanya dibarengi dengan berpuasa mutih tiga atau tujuh hari.

download (12)

❤ Mantra 4
Bapa kuwasa, ibu pratiwi kulo nyuwun sih pitulungan
sedulurku kang tuwa, kang ana wetan putih rupane,
kedadeane getih putih
sedulurku kang ana kidul, abang rupane
kedadeane getih ari-ari
sedulurku kang ana kulon, kuning rupane
kedadeane getih placenta
sedulurku kang ana lor, ireng rupane
kedadeane puser
kulo nyuwun derajat lan rejeki ingkang agung…

Terjemahan :
Terjemahan :
Bapak langit, Ibu bumi, aku mohon pertolongan dirimu,
Saudaraku yang tua yang ada timur putih rupanya,
kejadiannya dari air ketuban
Saudaraku di Selatan, merah rupanya,
kejadiannya dari darah merah
Saudaraku yang ada di barat, kuning rupanya,
kejadiannya dari placenta
Saudaraku yang ada di utara, hitam rupanya
kejadiannya dari tali pusar
tolong beri aku kedudukan dan rezeki yang besar…

Selain sandang dan pangan (rezeki), bagi yang ingin mementingkan dan menghajatkan kedudukan yang terhormat. mantra ini dibaca misalnya, ketika mendapatkan promosi untuk jabatan yang lebih tinggi. Keberuntungan atau kekuasaan yang besar juga adalah isi permintaan yang dimohonkan kepada Tuhan. selanjutnya mantra itu menyebut secara beraturan saudara yang empat beserta warnanya dan empat arah mata angin. Setelah berkonsentrasi diungkapkan apa yang menjadi hajat berupa jabatan yang tinggi dan peruntungan yang besar. mantra ini bisa di baca setiap malam disertai puasa hingga permintaan itu dikabulkan.

6 thoughts on “Kosmologi Jawa Mar marti, Kakang Kawah, Adi Ari-Ari, Getih Puser, kadang Ingsun Papat Kalimo Pancer, Ayo Podo…

    • PENGUMUMAN : BESOK jam.14.00-17.00 PAWAI PEMBUKAAN FESTIVAL KESENIAN YOGYAKARTA di MALIOBORO dan di Lanjut PEMBUKAAN secara resmi FKY 30 di PYRAMID JL.Parangtritis km.5,5 – Senin, 23 Jul’18, pkl 15.00 – 18.00 WIB, di sepanjang jalan Malioboro (start dari Taman Parkir Abubakar Ali, finish di Alun-Alun Utara).

      Selama acara akan ada pengalihan lalu lintas serta buka-tutup jalan menuju/melalui Jalan Malioboro. Rekayasa lalu lintas tersebut dilakukan dari Gardu PLN di Jalan Abubakar Ali mulai pukul 14:30 WIB.

      Pawai & Pembukaan akan dimeriahkan oleh Pawai Topeng FKY, Ayudyah Art Dance, Melody Jawi info lebih lanjut silahkan melalui INSTAGRAM @festivalkesenianyogyakarta – infofky.com DAN YANG MAU LIHAT FESTIVAL KESENIAN YOGYAKARTA sebelumnya buka di YOUTUBE : Festival kesenian yogyakarta dan BUKA di YOUTUBE : ULTAH KOTA JOGJA dan buka di https://mataramgolonggilig.wordpress.com

      Suka

  1. Angkringan (berasal dari bahasa Jawa ‘ Angkring ‘ yang berarti duduk santai) adalah sebuah gerobag dorong yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang biasa terdapat di setiap pinggir ruas jalan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di Solo dikenal sebagai warung hik (“hidangan istimewa a la kampung”) atau wedangan. Gerobag angkringan biasa ditutupi dengan kain terpal plastik dan bisa memuat sekitar 8 orang pembeli. Beroperasi mulai sore hari, ia mengandalkan penerangan tradisional yaitusenthir, dan juga dibantu oleh terangnya lampu jalan.

    Makanan yang dijual meliputi nasi kucing, gorengan, sate usus (ayam), sate telur puyuh, keripik dan lain-lain. Minuman yang dijualpun beraneka macam seperti teh, jeruk, kopi, tape, wedang jahe dan susu. Semua dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

    Meski harganya murah, namun konsumen warung ini sangat bervariasi. Mulai dari tukang becak, tukang bangunan, pegawai kantor, mahasiswa, seniman, bahkan hingga pejabat dan eksekutif. Antar pembeli dan penjual sering terlihat mengobrol dengan santai dalam suasana penuh kekeluargaan.

    Angkringan juga terkenal sebagai tempat yang egaliter karena bervariasinya pembeli yang datang tanpa membeda-bedakan strata sosial atau SARA. Mereka menikmati makanan sambil bebas mengobrol hingga larut malam meskipun tak saling kenal tentang berbagai hal atau kadang berdiskusi tentang topik-topik yang serius. Harganya yang murah dan tempatnya yang santai membuat angkringan sangat populer di tengah kota sebagai tempat persinggahan untuk mengusir lapar atau sekedar melepas lelah.

    Disukai oleh 1 orang

  2. SATRIA MATARAM sebagai FOUNDER PARIWISATA KEBUDAYAAN terbesar Bersama VISITNESIA Yogyakarta menata PARIWISATA yang memiliki EDUKASI sebagai baguan dari PENDIDIKAN melalui PARIWISATA,salah satunya PAMANTANI yang juga sudah membuka sebuah lokasi yang EXCLUSIVE dalam arti memiliki tingkat MEWAH ( MEPET SAWAH ) tidak berbeda dengan OMAH KECEBONG maupun JIWANGGA yang juga memiliki ciri khas khusus masing masing dengan bentuk penyajian yang berbeda juga
    Silahkan hubungi ke semua LINK di bawah ini jika mau ke SELURUH LOKASI tersebut
    https://mataramgolonggilig.wordpress.com/2018/01/19/yogyakarta-dengan-kepariwisatanya-yang-beragam/

    PENDAFTARAN melalui : WA – 0857298296 – 085725835029
    instagram
    @farhankudosan
    @visitnesia
    @satrio.mataram8854
    @pamantani_sempor
    @mataram8854
    Email : visitnesia@gmail.com
    Email : jagaddiri@gmail.com
    http://www.visitnesia.com
    YOUTUBE : VISITNESIA
    YOUTUBE : Pamantani Donokerto
    https://mataramgolonggilig.wordpress.com/author/jagaddiri/
    http://kopi-paman-tani.business.site/
    di GOOGLE buka : PAMANTANI DONOKERTO

    http://omahkecebong.com/homepage/

    PAMANTANI : DONOKERTO , TURI Sleman Yogyakarta
    ARAH ke Lokasi :
    MONUMEN JOGJA KEMBALI ke Utara sampai PERTIGAAN ALFA SUPERMARKET dan CERIA SUPERMARKET – ke KIRI hingga bertemu JEMBATAN Kelurahan DONOKERTO dan ada JEMBATAN disitulah PAMANTANI

    Suka

  3. Ping-balik: Wisata Hati LANGIT BERTANYA KEPADA MANUSIA – mataramgolonggilig

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s